Inovasi “EKSPRESI SPEGAS” SMP Negeri 3 Situbondo : Meningkatkan penguatan karakter pancasila dan prestasi siswa

Maraknya pergeseran nilai karakter siswa seperti tidak percaya diri, tidak kreatif, kurang disiplin, kurang bertanggung jawab, kurang bekerjasama, terlalu apatis, pesimis, mudah depresi, kurang empati, dan egoissehinggadiperlukan penanganan masalah karakter siswa di sekolah. SMP N 3 Situbondo sebagai salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Situbondo yang memberikan perhatian lebih terhadap pembentukan karakter dan prestasi siswa. Hal ini mendorong terciptanya inovasi EKSPRESI SPEGAS(Enam Kegiatan Siswa Peningkatan Prestasi dan Sikap SMPN 3 Situbondo).

Inovasi “Ekspresi Spegas” adanya kebiasaan baru yang berdampak posistif dilaksanakan selama 6 hari, setiap kelas mendapat jadwal hari senin sampai sabtu selama 40 menit, yaitu:

  1. Senin, peningkatan cinta tanah air;
  2. Selasa, pengetahuan tentang literasi;
  3. Rabu, komunikasi wali kelas dan siswa di kelasnya;
  4. Kamis, perfoms (penampilan terbaik setiap kelas);
  5. Jumat, ibadah jumat berbagi, pembacaan Asmaul Husna;
  6. Sabtu, melaksanakan senam sehat dan kebersihan.

Manfaat Yang Diperoleh

Menekan angka putus sekolah dengan pembiasaan hal-hal positif; Terbentu kkarakter siswa yang beriman, bertaqwa KepadaTuhan Yang Maha Esa serta Berakhlak; Terbentuk Cinta Tanah Air pada jiwa setiap siswa; terbentuk siswa yang kreatif, bernalar kritis dan mandiri; dan terbentuk kolaborasi yang baik antara sekolah dan Masyarakat.

Dampak

Setelah adanya inovasi, yaitu : Siswa lebih inovatif, kreatif dan berkolaborasi; Sekolah dapat memfasilitasi dan mewadahi kreatifitas siswa; Sekolah memberikan keleluasaan untuk dapat belajar di dalam atau diluar kelas sesuai keinginan siswa; Sekolah menjadikan siswa memiliki jiwa nasionalisme (cinta tanah air) dan cinta budaya yang ada di Indonesia; Peningkatan prestasi dan semangat siswa dalam belajar di sekolah.